Anda Berada Di: Home Program Kerja Karya Nyata YBBAI 1998-2009

Karya Nyata YBBAI 1998-2009

E-mail Cetak PDF

Sebagai informasi lebih lanjut tentang karya nyata yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Bina Anak Indonesia (YBAI), berikut sekilas YBAI:

1.       13 Februari 1999      : merenovasi total 2 buah Ruang untuk dijadikan Gedung Perpustakaan beserta  Bantuan Buku-buku kepada 2 SD di Bandung Jawa Barat, yaitu :

1.1. SD Sukaluyu Kec. Cibeunying Kaler  (700 siswa)

1.2. SD Banjarsari Kec. Sumur Bandung  (2000 siswa)

Sumber Dana          : Dari beberapa Individu di Wina, Austria.

2.       6 November 2000     : mengadakan ”Mega Anak 2000” yang diselenggarakan di Puri Agung Hotel Sahid Jaya Jakarta dengan tema ”Malam Dana untuk Masa Depan Anak Indonesia” dan sub-tema ”Melalui Anak Kita Selamatkan Bangsa”.

Sumber Dana : Dari sejumlah perusahaan dan lembaga di Indonesia.

3.       3 Agustus 2001       : memberikan Bantuan ”Buku-buku Pegangan” kepada 500 siswa SDN-02/03 Lengkong Wetan Kec. Serpong selama 2(dua) cawu.

Sumber Dana : Dari Individu dan beberapa Asosiasi.

4.       8 Januari 2002         : Menyerahkan Bantuan Beasiswa sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) untuk Tahun Ajaran 2002-2003 :

4.1.  25 siswa dari SDN Jurangmangu Timur 1 Kec. Pondok Aren

4.2.  25 siswa dari SDN Jurangmangu Timur 3 Kec. Pondok Aren

4.3.  25 siswa dari SDN Mekarsari 1 Kec. Maja

4.4.  25 siswa dari SDN Pasir Kembang 1 Kec. Maja

4.5.  25 siswa dari SDN Curug Budak 3 Kec. Maja

Sumber Dana          : Dari P.T Freeport Indonesia

5.       16 Mei 2002            : memberikan Bantuan ”Sebuah Gedung Perpustakaan Model YBAI”  beserta buku-buku + perlengkapannya kepada SDN-02 & 03 Lengkong Wetan Kec. Serpong, Kab.Tangerang.

Sumber Dana : Dari P.T Medco Energi Indonesia, yang diberikan pada acara Mega Anak 2000.

6.       Oktober 2002 : Menyelenggarakan Olimpiade Baca untuk pelajar SD, SMP sekitar Lengkong antara lain Sekolah Al-Azhar, Sekolah Santa Ursula, Sekolah Pembangunan Jaya dan sekolah-sekolah negeri.

Sumber Dana : Dari dana yang ada di YBAI.

7.       28 Juni 2003            : Pencanangan ”Kampoeng Pendidikan” sebagai side efect dari pembangunan Perpustakaan di SDN-02/03 Lengkong Wetan Kec. Serpong Kab. Tangerang dimana berkembang pemikiran agar Desa Lengkong Wetan dapat menjadi pilot project.

Sumber Dana : Dari dana yang ada di YBAI.

8.       15 Oktober 2003      : Dalam rangka peringatan 50 tahun Bank Indonesia, menyalurkan Bantuan Pembangunan Gedung masing-masing sebesar Rp 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) kepada 2 SLTP di Kabupaten Tangerang yaitu   :

-          SLTP Cemerlang (Perguruan Cemerlang) Pondok Kelor Kec.Sepatan dengan pimpinan perguruan Bapak Ridwan H. Uung.

-          SLTP Al-Matiin Desa Sawah Kec.Ciputat dengan pimpinan Yayasan Bapak KH Ucup Ridwan Saputra.

Sumber Dana : Dari Bank Indonesia, dana di transfer langsung ke kedua sekolah tsb.

9.       24 Oktober 2003      : Penandatanganan  ”Deklarasi Kerjasama Pembangunan Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri” antara YBAI dengan 8 mitra kerjanya, yaitu:

9.1. Pemerintah Kabupaten Tangerang

9.2. Direktur Jenderal Tata Perkotaan dan Pedesaan - Depkimpraswil

9.3. Deputi Menteri Bidang Pengembangan Peran Masyarakat - KLH

9.4. Deputi Bidang Evaluasi dan Pengembangan - Lemhannas

9.5. Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah & Pemuda (PLSP) - Depdiknas

9.6. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

9.7. Institut Teknologi Indonesia - Serpong

9.8. Yayasan Bina Swadaya

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI.

10.   Kampoeng Pendidikan Mandiri (KPM) Lengkong direncanakan akan meliputi   :

a.   SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri (inklusif)

b.   SMA/SMK Plus Berkualitas Lengkong Mandiri

c.   Rumah Sehat Terapi ALami

d.   Museum Bumi

e.   Perpustakaan Bumi

f.     Museum Sejarah Perjuangan Lengkong

g.   Community College

h.   Institut Lengkong for Strategic Studies

i.     Universitas Lengkong

j.     Lengkong Natural Camp – Outbound Activity

k.   Gedung Serbaguna (Resort & Convention Centre)

l.     Konservasi Alam (Persawahan, Perkebunan, Peternakan, Pertanian, Perikanan)

Konsep Pembangunan Kampoeng Pendidikan  akan  lebih  dikembangkan  lagi untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi konsep “Pengembangan dan Pemberdayaan Desa Berbasis Pendidikan (Education Based Village Development)”.

Menurut perhitungan tim arsitek YBAI yang putra Banten Ir. Amir Syafril dengan adanya Kampoeng Pendidikan akan menyerap Investasi Swadana sekitar 8 (delapan) milyar rupiah belum termasuk pembangunan di sektor lain akibat multiplier effect nya.

11.   9 November 2003     : Melakukan tahap pertama “Gerakan Penanaman Seribu Pohon” di lokasi Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri oleh YBAI dan Masyarakat Lengkong dengan dukungan dari KLH untuk penyediaan seribu pohon buah dan tanaman hias yang diantaranya adalah tanaman langka.

Sumber Dana : Dari Program KLH (Kementerian Lingkungan Hidup).

12.   November 2003        : Kunjungan Siswa-siswi didampingi Guru-guru Indonesia dan Guru-guru Asing serta Pimpinan Sekolah Global Jaya ke Perpustakaan Anak Medco-YBAI Lengkong Wetan, dalam rangka memberikan bantuan buku-buku bacaan dan perlengkapan perpustakaan serta peralatan pendukung mengajar untuk SDN-02 & SDN-03 Lengkong Wetan.

13.   31 Desember 2003   : Menerima Bantuan Dana sebesar Rp 250.000.000,- dari Letjen TNI (Purn) Kemal Idris, untuk kegiatan pendidikan di Desa Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang. Dana dipergunakan untuk Beasiswa, bantuan untuk Guru, Pembelian lahan untuk SMP+BLM, Biaya Operasional SMP+ BLM dan Pustakawan.

14.   10 Februari 2004      : Dimulainya pengajaran Bahasa Inggris, oleh Guru Asing (Native Speaker) untuk para siswa-siswi SMP+ BLM, SDN-02 dan SDN-03 Lengkong Wetan, hasil kerjasama dengan Sekolah Global Jaya.

15.   20 Februari 2004      : Dimulainya pengajaran olahraga khususnya Olahraga Karate secara cuma-cuma untuk para siswa-siswi SMP+ BLM, SDN-02 dan SDN-03 Lengkong Wetan melalui YBAI Karate Club. Dengan berolahraga diharapkan akan terbentuk Badan yang Sehat, didalam Badan yang Sehat akan terkandung Jiwa yang Sehat.

16.   21 Februari 2004      : Menyerahkan Beasiswa dan Beaguru kepada 82 orang siswa-siswi dan 7 orang guru SDN-02 & SDN-03 Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang.

Sumber Dana          : Dari bantuan Bapak Letjen TNI (Purn) Kemal Idris tanggal 31-12-2003

17.   Februari – Maret 2004   : Masyarakat Papua khususnya Kabupaten Yapen Waropen sangat antusias mengikuti jejak Desa Lengkong yang dijadikan Kampoeng Pendidikan.

17.1. Model pencerdasan dan pemberdayaan masyarakat seperti di Desa Lengkong telah banyak memberikan multiflier effect, salah satunya adalah pemesanan “2 (dua) buah Gedung Perpustakaan Model YBAI” dari rencana 5 (lima) buah Perpustakaan, dimana sebagian biaya dibantu oleh Pemda Papua.

         Sumber Dana          : Dari Pemda Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua.

17.2. Saat ini gedung perpustakaan tersebut telah didirikan sebuah di Ansus Kecamatan Yapen Barat dan sebuah lagi di Dawai Kecamatan Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua.

17.3. Untuk pemasangan 2 (dua) buah perpustakaan tersebut dan mendidik tukang di Papua, Teknisi dan Tenaga Ahli dari YBAI berada di Papua selama 2(dua) minggu dan telah selesai pada tanggal 8 Maret 2004.

17.4. Untuk pengisian buku-buku, komputer dan Meubelair mendapat bantuan dari P.T Freeport Indonesia, Sebagian Penjualan Buku STKL, Buka Pintu Event Organizer, P.T Surveyor Indonesia & P.T Sucofindo dan P.T Gramedia (Toko Buku).

17.5. Setelah YBAI mengembangkan Kampoeng Pendidikan  mereka  berambisi  di kemudian hari untuk menjadikan Yapen Waropen sebagai “Pulau  Pendidikan”.

18.   6 Maret 2004           : Bersinergi kedalam suatu konsorsium dengan Yayasan 25 Januari 1946 dan Yayasan POPDA, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan gerak maju pelaksanaan program yang telah dicanangkan.

19.   16 Maret 2004         : Dimulainya Program Lifeskills untuk mendidik anak muda usia produktif yang menganggur dan putus sekolah. Periode Pertama dididik sebanyak 56 orang dari 98 orang yang mendaftar dengan program studi : Komputer, Elektronik, Automotif, Tata Boga dan Tata Busana.

Sumber Dana          : Dari Ditjen PLSP, Depdiknas RI.

20.   2 April 2004             : mengirim buku-buku untuk 5(lima) buah TBM (Taman Bacaan Masyarakat) atas bantuan dan kerjasama dari Depdiknas melalui Direktur Jenderal PLSP (Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda) yaitu ke  :

20.1. TBM Kelapa Dua kec. Kebun Jeruk Jakarta Barat

20.2. TBM Lengkong Wetan kec. Serpong Kab. Tangerang

20.3. TBM Desa Panca di Sumatera Barat

20.4. TBM Desa Sungai Rotan di Sumatera Barat

20.5. TBM Desa Cigugur Girang di Bandung Jawa Barat

Sumber Dana          : Dari Direktorat Pendidikan Masyarakat, Ditjen PLSP, Depdiknas RI.

21.   7 Mei 2004              : memberikan bantuan buku tulis, buku bacaan, alat tulis, bantuan Beasiswa dan beaguru kepada Siswa-siswi dan Guru-guru SDN-02 Lengkong Wetan.

Sumber Dana          : Sekolah BPK Penabur Kec. Serpong.

22.   27 Mei 2004            : Menyerahkan Beasiswa dan beaguru periode Mei 2004 – April 2005 kepada 25 siswa-siswi SDN-02 & SDN-03 dan 4 orang guru SDN-02 Lengkong Wetan.

Sumber Dana          : Dari Siswa-siswi Sekolah Global Jaya.

23.   2 Juni 2004 : Kunjungan Prof. Wei dari Jerman penemu ”Musik Dapat Merangsang Kecerdasan Otak” ke Lengkong Wetan untuk menjajagi kemungkinan didirikannya sekolah musik di desa Lengkong Wetan, didampingi oleh Bapak Prof. Dr. Subroto Ketua Dewan Kehormatan YBAI dan Bapak Dr. Nafrizal Sikumbang Ketua Umum YBAI, bertatap muka, berdialog dan bernyanyi bersama dengan murid-murid didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru.

24.   17 Juli 2004             :  Peresmian berdirinya SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri (SMP+BLM) ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Gedung SMP+BLM.

25.   19 Juli 2004             : Dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar SMP+ Berkualitas Lengkong Mandiri (BLM) sebagai realisasi dari butir-1 Pembangunan Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri. Mulai tahun ajaran 2004/2005 telah menerima murid sebanyak 15 orang dibimbing oleh 1 orang Guru Tetap dan 7 orang Guru Honorer serta seorang Kepala Sekolah.

Sumber Dana          : Dari bantuan Bapak Letjen TNI (Purn) Kemal Idris tanggal 31-12-2003

26.   9 September 2004    : Peluncuran buku Subroto Tak Kenal Lelah” di Hotel Dharmawangsa Jakarta. Buku ini diterbitkan dalam rangka Hari Ulang Tahun nya yang ke 81 dengan harapan dapat berguna bagi generasi muda Indonesia sebagai suri teladan, pembangkit semangat bagi para pensiunan atau yang akan pensiun dan para pemimpin.

Sumber Dana          : Dari beberapa Perusahaan Migas dan Pertambangan.

27.   9 September 2004    : Peluncuran   Website   YBAI   www.ybai.or.id   sebagai   media komunikasi antara YBAI dengan para mitra dan sekaligus sebagai media promosi.

28.   Desember 2004       :  Mendistribusikan  beasiswa   Tahap  ke-1   sebesar   Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) kepada siswa-siswi SD, SMP dan SMA yang tidak mampu dan berprestasi se Jabodetabek.

Sumber Dana          : Bank Indonesia (Panitia Turnament Golf Piala Gubernur BI)

29.   17 Februari 2005      : Penyerahan Bantuan Dana sebesar 5000 Euro (Rp 60.850.000,-) dari Mrs. Natasha Nemecek (Pengusaha dari Austria) bertempat di Restaurant Lagoon Tower Hotel Hilton Jakarta, untuk pembangunan gedung SMP+ BLM di Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang.

30.   22 Mei 2005            : Melaksanakan Acara Temu Mitra YBAI di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.  Acara diisi dengan    :

30.1. Pidato kunci Ketua Dewan Kehormatan YBAI, Bapak Prof. Dr. Subroto, ”Melalui Anak Kita Bangkit Mengangkat Harkat Martabat Bangsa Indonesia”.

30.2. Sambutan  Bupati  Kabupaten  Tangerang  yang  diwakili  oleh  Kepala  Dinas  Pendidikan Kabupaten Tangerang Bapak Muhyi, ”Pemetaan Pendidikan saat ini di Kabupaten Tangerang dan Solusi Pemecahannya”.

30.3. Sambutan  Dirjen  PLSP  Depdiknas  RI,  Bapak  Dr.  Fasli  Djalal,  ”Meningkatkan Kepedulian Semua Pihak Terhadap Pendidikan Yang Berkualitas untuk Semua”.

30.4. Pemaparan  Hasil  Karya  Nyata YBAI  dan  Program 2005-2020  disampaikan  oleh Ketua Umum YBAI, Bapak Dr. Rizal Sikumbang.

30.5. Pertunjukan Kecakapan anak dari tingkat SD sampai SMP  :  Presentasi Karya Ilmiah, Pidato dalam bahasa Inggris, Paduan Suara Siswa-siswi SDN & SMP+ BLM.

30.6. Makalah ”Pembangunan Desa Berbasiskan Pertanian dan Peternakan”, disampai-kan oleh Dekan Fakultas Peternakan IPB, Bapak Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.RurSc.

30.7. Makalah ”Pembagunan Desa  Berwawasan Lingkungan” disampaikan  oleh  Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat KLH yang diwakili oleh Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan, Tradisionil dan Adat, Bapak Subroto Supeni SH.

30.8. Penutup  dan  Kesimpulan  disampaikan oleh Ketua Dewan Penasihat YBAI, Bapak Dr. Rozik B. Soetjipto.

31.   22 Mei 2005            : Mendistribusikan bantuan buku-buku untuk siswa-siswi SDN-02&03 Lengkong Wetan, Komputer dan Bantuan honor Guru SDN-02&03 Lengkong Wetan dan SMP+ BLM senilai Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Sumber dana           : Dari bantuan Bapak Letjen TNI (Purn) Kemal Idris, bulan Mei 2005

32.   4 Juni 2005 : Seorang Siswi SMP+ Berkualitas Lengkong Mandiri (BLM) atas nama Maria berhasil menjadi salah seorang finalis (dari sebelas finalis) Lomba Pidato tingkat SMP dari 112 peserta se Jabodetabek yang ditentukan oleh Panitia Lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI di Assembly Hall Jakarta Hilton Convention Centre (JHCC).

33.   Juli 2005                 : Mendistribusikan beasiswa Tahap ke-2 sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) kepada siswa-siswi SD, SMP dan SMA yang tidak mampu dan berprestasi se Jabodetabek.

Sumber Dana          : Bank Indonesia (Panitia Turnament Golf Piala Gubernur BI)

34.   Oktober 2005           : Menyerahkan Beasiswa dan Beaguru periode Mei 2005 – April 2006 kepada 25 siswa-siswi SDN & SDN-03 dan 4 orang guru SDN-02 Lengkong Wetan.

Sumber Dana          : Dari Siswa-siswi Sekolah Global Jaya

35.   18 Oktober 2005      : Menerima bantuan berupa block grant sebesar Rp 325.000.000,- (tiga ratus dua puluh lima juta rupiah) untuk pembangunan 3(tiga) lokal Ruang Belajar, 1(satu) lokal Ruang Laboratorium dan 1(satu) lokal Ruang Perpustakaan SMP Plus BLM.

Sumber Dana          : Direktur Pendidikan SLTP Direktorat Dikdasmen, Depdiknas RI

36.   29 Desember 2005   : Membangun satu lokal Ruang Perpustakaan SMP Plus BLM sebagai pendamping dari bantuan block grant Direktur Pendidikan SLTP Direktorat Dikdasmen Depdiknas RI, dengan nama ’Ruang Bina Antam - Depdiknas”

Sumber Dana          : CSR P.T Aneka Tambang Tbk

37.   15 Januari 2006       : Membangun Ruang Guru SMP Plus BLM sebagai pendamping dari bantuan block grant Direktur Pendidikan SLTP Direktorat Dikdasmen Depdiknas RI, dengan nama ”Ruang Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo”

Sumber Dana          : YKHD (Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo)

38.   31 Januari 2006       : Bapak Didiet Kuspandityo memberikan bantuan sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), melengkapi bantuan yang diberikan pada tanggal 14 Oktober 2005 sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sehingga total bantuan Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Sebagai apresiasi YBAI memberi nama ruang OSIS dengan nama “Ruang OSIS Didiet Kuspandityo”.

39.   15 Februari 2006      : Dimulainya Program Lifeskills gelombang II untuk mendidik anak muda usia produktif yang menganggur dan putus sekolah. Gelombang kedua dididik sebanyak 54 orang dari 98 orang yang mendaftar dengan Program Studi : Komputer & Bahasa Inggris, Tata Boga, Tata Busana, Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

Sumber Dana          : Ditjen PLS, Depdiknas RI

40.   28 April 2006           : Menerima bantuan dana sebesar Rp 18.950.000,- (delapan belas juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) hasil dari penyelenggaraan ”Talented Youth Charity Concert” oleh ANTIM (Academy of Networked Thinking in Music) di Goethe Haus, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta Pusat, untuk anak-anak tidak mampu/Yatim Piatu melalui SMP Plus BLM.

41.   27 Juni 2006            :  Peresmian SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri (BLM) oleh Menteri Pendidikan Nasional R.I yang diwakili oleh Dirjen PLS Depdiknas R.I, Dr. Ace Suryadi, PhD di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

42.   27 Juni 2006            :  Deklarasi Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri (KPLM) Sebagai Paru-paru BSD City dan Kota Bintaro Jaya ditandai dengan penanaman pohon penghijauan oleh Meneg KLH, Ir. Rachmat Witoelar.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

43.   27 Juni 2006            :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Institut Lengkong Untuk Kajian Strategis (ILKS) oleh Meneg KLH diikuti oleh Dirjen PLS Depdiknas R.I, Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI, Ketua APBI (Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia), Ketua Umum YBAI dan Tokoh Masyarakat Lengkong Wetan.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

44.   29 Juni 2006            :  mengadakan ”Mega Anak 2006” dimeriahkan dengan Malam Budaya Daerah yang diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan tema ”Melalui Anak Kita Selamatkan Bangsa”. Acara dibuka oleh Menpora, Adhyaksa Dault SH MSi, mewakili Bapak Presiden Republik Indonesia, sebagai titik awal pengembangan Kampoeng Pendidikan Mandiri di 8 Desa di 8 Kabupaten/Provinsi di Indonesia dengan Pilot Project Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri (KPLM), yaitu di 1) Desa Menawi, Kec. Dawai, Kab. Yapen Waropen, Provinsi Papua; 2) Desa Lerek, Kec. Atadei, Kab. Lembata, Provinsi NTT; 3) Desa Saba, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah, Provinsi NTB; 4) Desa Persiapan Gas Alam, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim; 5) Desa Candi Kuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Provinsi Bali; 6) Desa Batu Taba, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam, Provinsi Sumbar; 7) Desa Bawang, Kec. Dolok Silau, Kab. Simalungun, Provinsi Sumut; 8) Desa Kuala Meurisi, Kec. Krueng Sabe, Kec. Aceh Jaya, Provinsi NAD.

Sumber Dana          : Dari Sponsor dan Donatur

45.   18 Juli 2006             :  Membangun satu lokal Ruang Laboratorium IT SMP Plus BLM sebagai pendamping dari bantuan block grant Direktur Pendidikan SLTP Direktorat Dikdasmen Depdiknas RI, dengan nama ’Ruang Lab IT Telkom”

Sumber Dana          : CSR P.T Telekomunikasi Indonesia Tbk

46.   23 Juli 2006             :  Kunjungan Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang bersama dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI, Dr. L.Misbach Hidayat dan Utusan P.T Freeport Indonesia, Ir. Yunus Shahab dan Ir. Wawa Jaka Sungkawa, ke Lombok Tengah, NTB, sebagai tindak lanjut pengembangan Kampoeng Pendidikan Mandiri di Desa Lerek dan penjajagan Penerbitan Buku Sejarah Lokal.

Sumber Dana          : Bantuan dari P.T Freeport Indonesia

47.   11 Agustus 2006      :  Kabid Penerbitan YBAI, Thomas Ataladjar bersama Yayasan Purna Juang Sub-Teritorium VII Tapanuli / Sumut, Ibu Kawilarang dan Bapak Oetarjo melakukan ziarah ke Desa Perjuangan Ujung Bawang Simalungun dan tempat bersejarah di Kabanjahe Tanah Karo dan Medan, Sumatera Utara. Daerah ini dimasa perjuangan 1948/1949 dikenal dengan Pasukan Bala Semut nya, dimana Para Pelajar usia muda telah ikut berjuang melawan penjajah. Kunjungan ini juga sebagai penjajagan Pengembangan Kampoeng Pendidikan Mandiri di Desa Bawang dan Penerbitan Buku Sejarah Lokal.

Sumber Dana             : Dari dana yang ada di YBAI

48.   3 September 2006    : Kabid Penerbitan YBAI, Thomas Ataladjar memenuhi undangan Yayasan Kian Santang, menghadiri Reuni Anggota Ex Brigade Kian Santang / Siliwangi di Bandung, Jawa Barat, sebagai penjajagan Penerbitan Buku Sejarah Lokal.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

49.   12-13 September 2006  :  Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang, menghadiri OPEC International Seminar ke-3 di Hofburg Palace, Vienna, Austria, melalui undangan khusus tertanggal 24 Agustus 2006 dari Sekjen OPEC, HE Mohammed S. Barkindo. Di sela-sela acara seminar, Ketua Umum secara khusus mensosialisasikan Penerbitan Buku ”Subroto in the Eyes of the World” kepada sejumlah Menteri, Sekjen dan Gubernur OPEC. Semua yang dihubungi mendukung ide penerbitan buku ini.

50.    22 September 2006 :  Kunjungan Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang dan Kabid Penerbitan, Thomas Ataladjar ke Kab. Agam, Provinsi Sumbar, sebagai tindak lanjut pengembangan Kampoeng Pendidikan Mandiri di Desa Batu Taba dan penjajagan Penerbitan Buku Sejarah Lokal.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

51.   5 Oktober 2006        : YBAI menyelenggarakan Acara Berbuka Puasa Bersama di Restaurant Aprodhite, Club Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sumber Dana          : Bantuan dari Individu Pengurus YBAI dan dari dana yang ada di YBAI

52.   15 November 2006:  Ketua Umum YBAI menghadiri undangan Pengurus FK-PPAI dalam Acara Halal Bihalal 2006 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

53.   23 November 2006:  Ketua Umum YBAI menghadiri undangan Yayasan Kehati dalam acara ”Konsultasi Nasional Filantropi”, di Balai Agung Betawi, Hotel Sentika, Slipi, Jakarta.

54.   30 November 2006:  Ketua Umum YBAI dan Dr. Maizar Rahman menghadiri undangan The Habibie Centre pada acara ”Seminar Reformasi Birokrasi dan Presentasi & Diskusi Pemenang Habibie Award” di Ballroom Hotel Sahid Jaya

55.   30 November 2006:  Menerbitkan majalah ”Tunas Nusantara Vol.V No.2” dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI dan Penjualan Majalah

56.   3 Desember 2006     : Pertemuan Ketua Umum YBAI dengan Prof. Dr. Rachmat Sentika dan Dirut Blue Bird, Ibu Endang, sebagai persiapan untuk pertemuan dengan Pengusaha Austria.

57.   4 Desember 2006     :  Pertemuan Ketua Umum YBAI, Prof. Dr. Rachmat Sentika, Dirut Blue Bird dan Pengusaha Austria, menyerahkan proposal bantuan.

58.   4 Desember 2006     :  Ketua Umum YBAI menghadiri Acara ”Gala Dinner & Children Performance by SOS Kinderdorf” di Ballroom Hotel Intercontinental MidPlaza

59.   8 Desember 2006     :  Menerima kunjungan Ketua FK-PPAI, Prof. Dr. Rachmat Sentika dan rombongan ke Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri, sebagai studi banding dalam penyusunan program FK-PPAI, diterima oleh Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang didampingi Lurah Lengkong Wetan, Supriyadi,SE

60.   14 Desember 2006   :  Pengurus YBAI, Dr. Rizal Sikumbang, Ir. Moh. Isori Dalimunthe, Thomas Ataladjar dan Ansis Kleden menerima kunjungan Direktur Umum & SDM P.T Aneka Tambang Tbk, Ir. Syahrir Ika MM didampingi oleh Comdev Group P.T Aneka Tambang Tbk, Ismail S. SH di Aula SMP Plus BLM, Desa Lengkong Wetan, Serpong. Acara diisi dengan Laporan Ketua Umum YBAI, Presentasi Kepala Sekolah dan Guru Ekskul SMP Plus BLM dan Sambutan Direksi P.T Antam Tbk. Dilanjutkan dengan peninjauan ke Gedung SMP Plus BLM termasuk Ruang Bina Antam, hasil bantuan dana dari P.T Aneka Tambang 29 Desember 2005

61.   20 Desember 2006   : Ketua Umum YBAI dan Thomas Ataladjar diterima oleh Director of Programming & Development Metro TV, Ibu Zsa Zsa Yusharyahya, didampingi oleh PR & Publicity Manager Metro TV, Ibu Henny Puspitasari,  dalam rangka penjajagan kerjasama.

62.   29 Desember 2006   :  Menerima bantuan hewan qurban 1(satu) ekor sapi dari P.T Aneka Tambang Tbk untuk SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri (BLM) dan Masyarakat Lengkong Wetan dan sekitarnya di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan, Ir. Darma Ambyar didampingi Senior Manager Comdev Group, Ismail S. SH dan rombongan, diterima oleh Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang disaksikan oleh Guru-guru dan Siswa-siswi SMP Plus BLM, Staf Kelurahan, Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat Lengkong Wetan.

63.   01 Januari 2007       :  Penyerahan  2(dua) buah Bola Sepak dan 15 stel kostum sepakbola dari YBAI kepada SMP Plus BLM sebagai tanda dimulainya latihan Club Sepakbola Lengkong Wetan (Persatuan Sepakbola Lengkong / Lengkong United).

Sumber Dana          : Dari dana yang ada di YBAI

64.   01 Januari 2007       :  Pemotongan Hewan Qurban 1(satu) ekor sapi bantuan dari P.T Aneka Tambang Tbk. Hewan Qurban dibagikan kepada 127 orang Siswa SMP Plus BLM, 2 orang Pengurus YBAI, 7 orang Guru dan Karyawan SMP Plus BLM, 1 orang Pengurus Komite Sekolah SMP Plus BLM, 10 orang Staf Kelurahan Lengkong Wetan, 39 orang Warga Lengkong Wetan, 30 orang Warga Lengkong Karya, 26 orang Warga Poncol Lengkong Wetan, 27 orang Anak Yatim, 10 orang Panitia/Tukang Potong.

Sumber Dana          : Comdev P.T Aneka Tambang Tbk

65.   11 Januari 2007       : Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang dan Pemimpin Redaksi Majalah Tunas Nusantara, Thomas Ataladjar, menghadiri Seminar Seruan Cimanggis, yang membahas ”Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberantasan Kemiskinan” di Pusat Pendidikan dan Latihan Yayasan Bina Swadaya, di Cimanggis, Bogor, Jawa Barat

66.   12 Januari 2007       : Menerima bantuan berupa block grant sebesar Rp 275.000.000,- (dua ratus tujuh puluh lima juta rupiah) untuk pembangunan 5(lima) lokal Ruang Belajar SMP Plus BLM lengkap dengan perabot dan perlengkapannya.

Sumber Dana          : Direktur Pendidikan SLTP Direktorat Dikdasmen, Depdiknas RI

67.   26 Januari 2007       : Rombongan YBAI (Dr. Rizal Sikumbang, Thomas Ataladjar, Ansis Kleden) melakukan kunjungan kerja ke Pertambangan Emas P.T Aneka Tambang di Pongkor, Jawa Barat, sebagai tindak lanjut mempersiapkan Kampoeng Pendidikan Mandiri dengan dukungan dari P.T Aneka Tambang Tbk.

68.   Awal Februari 2007 : Kunjungan Kepala CDC (Community Development Centre) P.T Telekomunikasi Indonesia, Bapak Erwien Djuani, ke SMP+BLM, di Kampoeng Pendidikan Mandiri Lengkong, dalam rangka meninjau “Ruang Lab. IT Telkom” yang dibangun atas bantuan P.T Telkom. Pada kesempatan tersebut, Kepala CDC menyampaikan program P.T Telkom yaitu Internet Go to School. Ruang Lab IT Telkom telah selesai, tinggal mengisi dengan perangkat komputer dan pemasangan jaringan telkom.

69.   21 Februari 2007      : Rombongan YBAI (Dr. Rizal Sikumbang, Ir. Moh. Isori Dalimunthe, Thomas Ataladjar) diterima oleh Wakil Gubernur Banten, Bapak Drs. H. Moh. Masduki, MSi. Pada prinsipnya pihak Pemda Banten siap membantu, karena program YBAI walau berorientasi Desa / Kampoeng tapi tidak kampungan.

70.   31 Mei 2007            : Bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pembinaan dan Pengembangan Anak Indonesia (FK-PPAI), menyelenggarakan Acara Sarasehan ke-2 ”Rekonstruksi Sosial Desa Lengkong Wetan Menuju Desa MDGs Yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera Tahun 2015” bertempat di Desa Lengkong Wetan, Kec. Serpong, Kab. Tangerang, Provinsi Banten, dengan tema : ”Bersama Kita Perangi Kemiskinan & Pengangguran Dengan Pendidikan Berkualitas”. Puncak acara diisi dengan Diskusi Panel dengan Pembicara Utama Duta Besar Khusus PBB Untuk MDGs Wilayah Asia Pasifik, Ibu Hj. Ir. Erna Witoelar. Dimeriahkan oleh aneka lomba kreatifitas siswa tingkat SD dan SMP, yaitu: 1) Lomba Lukis; 2) English Contest (Story Telling, Reading News); 3) Lomba Pidato Bahasa Arab; 4) Lomba Cerdas Cermat; 5) Lomba Jurnalistik; 6) Lomba Baca Puisi; dan 7) Fun Games Soccer. Stand Buku dalam rangka Ulang Tahun ke-5 Perpustakaan Anak Medco-YBAI ikut menyemarakkan acara, selain display dari MDGs UNDP, YBAI dan Sejarah Lengkong. YBAI juga memberikan penghargaan berupa Sertifikat Penghargaan dan Tabungan Bank Mandiri kepada 2(dua) orang Guru SMP+BLM dan seorang Pustakawati yang telah menunjukkan prestasi di bidangnya masing-masing.

      Sumber Dana          : Dari Sponsor dan Donatur

71.   23 Juni 2007            : Pengumuman Hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) Tingkat SMP. Angkatan ke-1 SMP+BLM yang terdiri dari 14 Siswa/i berhasil lulus 100% (seratus persen). Ditengah-tengah maraknya pro dan kontra pelaksanaan UAN yang diperkirakan akan memberatkan siswa, SMP+BLM membuktikan bahwa SMP+BLM memang plus dan berkualitas.

72.   06 Juli 2007             :  Delegasi BII yang terdiri Ibu Esti Nugraheni, Bapak Harris Simanjuntak, Bapak Leonardus Adi Widiarso mengunjungi Sekretariat YBAI di Apartemen Taman Rasuna dan langsung menuju ke SMP+BLM, di Kampoeng Pendidikan Mandiri Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong.

73.   24 Juli 2007             : Ceramah Umum ke-1 SMP+BLM di KPM Lengkong Wetan oleh Prof. Dr. Subroto, “Pendidikan Kunci Sukses Masa Depan”

74.   16 Agustus 2007      : Menerima bantuan dari P.T Pertamina (Persero) sebesar Rp 520.000.000,- sesuai surat Direktur Keuangan Pertamina selaku Ketua PKBL No. 627/H00000/2007-SO tanggal 16 Agustus 2007 untuk penyelesaian Gedung SMP Plus Berkualitas Lengkong Mandiri (SMP+BLM) di Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kontra Prestasi : Penamaan Ruang 1) Ruang Serbaguna Pertamina; 2) Ruang Lab. Science Pertamina; dan 3) Ruang Kelas Pertamina.

75.   25 Agustus 2007      : Mengirim 5 (lima) orang Siswa + 1 (satu) orang Guru untuk mengikuti “Dialog Interaktif Anak” dengan tema “Saya Anak Indonesia, Sejati, Rajin Belajar, Kreatif, Sehat dan Berakhlak Mulia”, diselenggarakan oleh FK-PPAI (Forum Komunikasi Pembinaan dan Pengembangan Anak Indonesia) di Kantor FK-PPAI, Jl. Teuku Umar No.10-12 Menteng, Jakarta.

76.   21 September 2007 : Peserta Program Wakaf Tunai a/n Laksda (P) Ardius Zainudin, SH, derma sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), No sertifikat Wakaf Tunai No.1251 – 1500 (250 unit / 250 M2)

77.   22 Oktober 2007      : Menerima bantuan sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) untuk Pembangunan Gedung SMP+BLM, Kampoeng Pendidikan Mandiri Lengkong wetan.

78.   25 Oktober 2007      : Acara Silaturahmi YBAI di Boardroom Bimasena, Jl. Dharmawangsa Raya 39 Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Penceramah: Bapak Palgunadi T. Setiawan.

Sumber Dana          :  Dari Dana yang ada di YBAI

79.   29 Oktober 2007      : Peserta Program Wakaf Tunai a/n Ir. Benny Subianto, sebesar Rp 50.000. 000,- (lima puluh juta rupiah), No sertifikat Wakaf Tunai No.1501 - 2000 (500 unit / 500 M2).

80.   31 Oktober 2007      : Menerima kunjungan Delegasi YSS Energy Segment, Singapore & SMPK Penabur, BSD (Guru dan Siswa) ke SMP+BLM, KPM (Kampoeng Pendidikan mandiri) Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang.

81.   22 November 2007   :  Penandatanganan MOU Blockgrant YBAI – Direktur Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan, Ditjen PMPTK, Depdiknas R.I, sebesar Rp 70.000.000,- (tujuh puluh juta rupiah) untuk Pelatihan Guru “Training and Sharing – Model Lengkong” tanggal 27-29 Desember 2007.

82.   20 November 2007   : Menerima bantuan 90 (sembilan puluh) buah kursi+meja siswa dan 4 (empat) buah meja Guru, dari Ibu Yani Rodiyat, P.T Medco Holding, atas usaha Ibu Ratih Dardo Subroto.

83.   20 November 2007   : Peserta Program Wakaf Tunai a/n Pelayanan Kasih A&A Rachmat, derma sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), No sertifikat Wakaf Tunai No.2001 – 2100 (100 unit / 100 M2)

84.   23 November 2007   : Pelaksanaan Proses Akreditasi SMP+BLM oleh Tim Asesor Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

85.   30 November 2007   : Ceramah Umum ke-2 SMP+BLM, tema “Menumbuhkan Kewirausahaan Sejak Dini” di Komplek SMP+BLM/KPM Lengkong Wetan :

Pembicara I             : Ir. Sarwono Kusumaatmadja, ”The Need for Innovative Program to Fight Against Poverty”

Pembicara II            :  Mr. Robert Gardiner, “Overview of Prestasi Junior Indonesia”

Pembicara III           :  Desidarius Hia  (Program Manajer Jakarta)  dan Anita, ”How to Improve Eco-nomic for Life to Produce Entrepreneurs in Indonesia”

Sumber Dana          :  Dari Dana yang ada di YBAI

86.   05 Desember 2007   :  Ketum YBAI, Kepala Sekolah SMP+BLM, Guru Entrepreneur SMP+BLM berkunjung ke kantor Mr. Robert Gardiner dari Prestasi Junior Indonesia. Bapak Ir. Sarwono Kusumaatmadja sebagai pendiri PJI tertarik dengan “Linkage antara Perpusatakaan dengan Kepercayaan diri siswa SMP+BLM”.

87.   06 Desember 2007   :  Menerima kunjungan Delegasi “Lufthansa System Indonesia” (6 orang) dari kantor pusat di Jerman bersama kantor perwakilannya di Jakarta ke SMP+BLM, KPM (Kampoeng Pendidikan mandiri) Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang.

88.   14 Desember 2007   : Berdasarkan SK Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Provinsi Banten No.05/BAP-S/M-SK/XII/2007 tanggal 14 Desember 2007, akreditasi SMP+BLM mendapat Nilai A. (Amat Baik).

89.   16 Desember 2007   : 3 orang siswa SMP+BLM masuk dalam 100 orang finalis Lomba Melukis Remaja Tingkat Nasional di Ancol.

90.   27-29 Desember 2007 : Pelaksanaan Pelatihan Guru Tingkat Nasional 2007 “Training & Sharing Model Lengkong” di Komplek SMP+BLM, Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Peserta adalah 61 orang guru-guru SD, SMP dan SMA dari 12 lokasi KPM dan 7 Desa disekitar Lengkong Wetan yaitu : 1) Menawi, Papua : 2 orang; 2) Lembata, NTT : 2 orang; 3) Lombok Tengah, NTB : 2 orang; 4) Tabanan, Bali : 2 orang; 5) Kutai Kertanegara, Kaltim : 2 orang; 6) Bogor, Jawa Barat : 3 orang; 7) Trenggalek, Jawa Timur : 2 orang; 8) Agam, Sumatera Barat : 4 orang; 9) Tangerang, Banten : 11 orang; 10) Lengkong Wetan dan sekitarnya : 17 orang; dan 11) Guru SMP+BLM : 14 orang.

Sumber Dana          :  Dari Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Latihan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Depdiknas R.I, dan dari beberapa Individu

91.   09 Januari 2008       :  Hijrah nya Sekretariat YBAI dari Apartemen Tamana Rasuna Kuningan, Jakarta ke Bintaro, Tangerang. Alamat baru : Rukan Victorian Bintaro Blok Aa No.01, Jl. Bintaro Utama, Sektor 3-A Bintaro Jaya, Tangerang 15224, Banten. Telp. 021-70933774 Fax. 021-7373766 e-mail: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya dan website: www.ybai.net.id

92.   22 Januari 2008       :  Ketua YBAI mengikuti Seminar “Sejarah Perang Paderi 1803-1838, Perspektif Sosial Budaya, Sosial Psikologi, Agama dan Manajemen Konflik” yang diselenggarakan oleh “Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)” bekerjasama dengan “Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang)” dan “Sekretariat Masyarakat Hukum Adat (Seknas MHA)”.

93.   25 Januari 2008       :           Syukuran SMP+BLM atas diperolehnya hasil akreditasi SMP+BLM Nilai “A” dan lulusnya Angkatan I 100% pada Ujian Akhir Nasional 2007/2008, serta kembalinya Kabid Pendidikan YBAI, Drs. Jedi Hepiadi, dari Tanah Suci Mekah Al-Mukaromah dalam melaksanakan ibadah Haji.

Sumber Dana          : Dari Dana yang ada di YBAI

94.   25 Januari 2008       : Pameran Lukisan Hasil Karya Siswa SMP+BLM di Monumen Daan Mogot, BSD City, Serpong, Tangerang, bersamaan dengan acara peringatan pertempuran Lengkong 25 Januari 1946 yang dilaksanakan oleh Yayasan 25 Januari 1946.

95.   12 Februari 2008      : Ketua Umum YBAI menghadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Pelepasan Hak Tanah Kas Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang di Ruang Kerja Kepala Bagian Bina Otonomi Desa Lantai V Setda Kab. Tangerang.

96.   20 Februari 2008      :  Kunjungan Tim dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang ke SMP+BLM untuk meninjau realisasi pemanfaatan “Blockgrant” dari Depdiknas R.I untuk pembangunan Gedung SMP+BLM, Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang.

97.   07 Maret 2008         :  Ceramah Umum ke-3 SMP+BLM, tema “Peranan Dokter Dalam Memper-siapkan Anak-anak Yang Cerdas dan Sehat Menghadapi Globalisasi” di Komplek SMP+BLM/KPM Lengkong Wetan oleh Dr. Tengku Bhadar Johan.

Sumber Dana          :  Dari Dana yang ada di YBAI

98.   25 Maret 2008         : Menerima bantuan dari CEO P.T Lufthansa System AG Germany, Mr. Wolfgang F.W Gohde, berupa : 1) 2(dua) bh Lap-top; 2) 1(satu) bh Infocus; 3) 1(satu) bh Scanner; 4) 1(satu) bh Screen; 5) Pembuatan New Website YBAI – SMP+BLM; 6) biaya operasional SMP+BLM sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) per triwulan.

99.   07 April 2008           : Menerima hibah dari Dr. Rizal Sikumbang, berupa : 1) Lemari Buku 6 x 2,5 M; 2) Buku-buku  10 kardus  tentang  Geologi,  OPEC,  Science,  Majalah dll;  3) Pompa  Air  Jetpump; 4) 2(dua) unit AC second kondisi baik merk Mitsubishi dan National.

100.   17 April 2008          : Pencanangan pendirian unit usaha YBAI “Website Job-online, Solusi Bina Karir Nusantara”.

101.   26 April 2008          :  Ceramah Umum ke-4 SMP+BLM, tema “ Remaja dan Bahaya Narkoba” di Komplek SMP+BLM/KPM Lengkong Wetan oleh Kapolsek Serpong, AKP Dewa Wijaya SH.

Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di YBAI

102.   06 Mei 2008           : 50 orang siswa/siswi SMP+BLM yang mengikuti ekskul Jurnalistik dibimbing oleh Pengajar Jurnalistik Thomas Ataladjar, didampingi oleh 2 orang Guru, Abidin ST.,M.Si dan Yuki Andi Arfan S.Pd, mengunjungi “Studio TVRI” di Senayan – Jakarta Selatan dan “Penerbit SKH Suara Pembaruan” di Cawang – Jakarta Timur.

Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di YBAI

103.   09 Mei 2008           :  Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang mengikuti seminar Enlightening the Life of Nation” di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta yang diselenggarakan oleh “The Jakarta Post” dalam rangka HUT nya yang ke-25.

104.   14 Mei 2008           :  PT Kartika Samudera Adijaya memberikan bantuan sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), melengkapi bantuan yang diberikan pada tanggal 1 Agustus 2005 sebesar Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) sehingga total bantuan Rp 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah), sebagai dana pendamping block grant Depdiknas, maka sebagai apresiasi YBAI memberi nama satu ruang di lantai-1 dengan nama “Ruang Kelas Depdiknas – Kartika Samudera Adijaya”.

105.   28 Mei 2008           :  Pembukaan Selubung Prasasti Donatur Pembangunan Gedung SMP+BLM, di area Kampoeng Pendidikan Mandiri (KPM) Lengkong, Desa Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang, Banten

Sumber Dana         :  P.T Freeport Indonesia dan dari Dana yang ada di YBAI

106.   11 Juni 2008          :  Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang, sebagai Narasumber dalam kegiatan Pra-Rapat Kerja Guru SMA Plus Pembangunan Jaya, Pondok Aren, Tangerang.

107.   18 Juni 2008          :  Mengirimkan 20 orang siswa dan 2 orang Guru (Dra.R.Wawat Nugrahawati dan Wahyu S.Pd) untuk mengikuti Workshop sehari di School Science Centre SMA Plus Pembangunan Jaya (SMA+PJ), Pondok Aren, Tangerang.

        Sumber Dana         :  Yayasan Pembangunan Jaya

108.   28 Juni 2008          :  Mengirimkan seorang siswa SMP+BLM a/n Nadia Cahyani NIS.0708.7.033 untuk mengikuti Pelatihan Melukis Tingkat Nasional di Bandung Tanggal 28-06-08 s/d 05-07-08.

        Sumber Dana         :  Yayasan Senirupa Indonesia

109.   23 Agustus 2008 :  Melaksanakan Tarhipan Ramadhan Keluarga Besar SMP+BLM, menyongsong Bulan Suci Ramadhan 1429H.

Sumber Dana         :  Kas Operasional SMP+BLM

110.   30 Agustus 2008 :  100 orang siswa SMP+BLM didampingi oleh 4 orang Guru melakukan kunjungan Belajar ke Museum Sejarah Jakarta dan Museum Bank Indonesia. Pada kesempatan tersebut SVP & Head of HRD Bank DBS Indonesia selaku sponsor, memberikan bantuan buku-buku untuk perpustakaan SMP+BLM.

        Sumber Dana         :  Bank DBS Indonesia

111.   01 September 2008 : Memperoleh bantuan dari PT Bank International Indonesia (BII) sebesar Rp 205.392.000,- (dua ratus lima juta tiga ratus sembilan puluh dua ribu rupiah) untuk pembangunan sebuah “Ruang Kelas BII” di Lantai-2 Gedung Wing Kanan SMP+BLM.

        Sumber Dana         :  PT Bank International Indonesia (BII)

112.   19 September 2008 : Unit Usaha PT Solusi Bina Karir Nusantara resmi berdiri dengan terbitnya akte notaris

113.   24 September 2008 : Acara Buka Puasa Bersama YBAI dengan Dewan Guru SMP+BLM

        Sumber Dana         :  Sekretariat YBAI

114.   27 Oktober 2008     :  Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Bapak H. Achmad Suwandhi SH ke SMP+BLM di KPM Lengkong, diterima oleh Ketua Umum, Direktur Eksekutif dan Kabid. Media YBAI serta Kepala Sekolah, Guru dan Perwakilan Siswa SMP+BLM, melakukan dialog langsung dengan guru dan siswa SMP+BLM.

115.   5 Nopember 2008   : Kunjungan Ketua Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, Dr. Sidik Marsudi ke SMP+BLM dan KPM Lengkong, diterima oleh Ketua Umum, Direktur Eksekutif YBAI dan Kepala Sekolah SMP+BLM, dalam rangka kerjasama penerapan teknologi biogas limbah ternak.

116.   15 Nopember 2008 : Ceramah Umum ke-5 SMP+BLM, tema “Kiat Hidup Sehat Ala Rasulullah” di Komplek SMP+BLM/KPM Lengkong Wetan oleh Ibu Hj. dr. Umu Salamah, didampingi oleh 6 orang Ibu-ibu dari Majelis Taklim Pamulang.

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di SMP+BLM

117.   15 Nopember 2008 : Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang berkenan memberikan motivasi kepada seluruh siswa kelas 9 SMP+BLM yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional 2009.

118.   26 Nopember 2008 : Kunjungan Tim Sekolah Alam Ciganjur, Jakarta Selatan ke SMP+BLM dan KPM Lengkong, diterima oleh Ketua Umum, Direktur Eksekutif YBAI dan Kepala Sekolah SMP+BLM, dalam rangka mensinergikan program Sekolah Alam dan KPM Lengkong.

119.   26 Nopember 2008 : Ketua Umum YBAI, Dr. Rizal Sikumbang, didampingi Direktur Eksekutif YBAI, Wali Kelas 9C, memotivasi dan mencari solusi bagi siswa kelas 9C SMP+BLM yang sangat memerlukan perhatian khusus demi masa depan siswa

120.   29 Nopember 2008 : Siswa SMP+BLM berhasil meraih juara pada Kejuaraan Olahraga yang diselenggarakan oleh Sekolah Cikal Harapan BSD : 1) Irvan, juara 3 lomba story telling; 2) Afriana, juara 2 lomba baca puisi; 3) Tim SMP+BLM meraih juara 2 pertandingan Futsal.

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di SMP+BLM

121.   12 Desember 2008: Menerima kunjungan Tim Yayasan 25 Januari 1946 dan Tim Dokter dalam rangka persiapan Bhakti Sosial di KPM Lengkong.

122.   18 Desember 2008: Motivasi siswa Kelas IX SMP+BLM yang sedang dipersiapkan untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional 2009, oleh Bapak Suroyo, Direktur Pru Desire Bintaro bersama Bapak Dr. Rizal Sikumbang, Ketua Umum YBAI.

123.   06 Januari 2009      :  Menerima kunjungan dari rombongan Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian yang dipimpin oleh Sekretaris Umum Ibu Dra. Nenny Sri Utami, berkenan membantu penyediaan Buku-buku Perpustakaan SMP+BLM dan Buku Pelajaran Kelas VII-IX SMP+BLM.

124.   8-9 Januari 2009     :  Training Guru SMP+BLM, Pembekalan dan Peningkatan Kompetensi

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di SMP+BLM

125.   10 Januari 2009      :  Ceramah Umum ke-6 SMP+BLM, tema: Kesehatan Mata di KPM Lengkong oleh dr. Inria Asikin Natanegara, dokter mata dari Lions Club Indonesia Distrik 307B

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di SMP+BLM

126.   10 Januari 2009      :  Open house SMP+BLM bagi siswa SDN-01 Lengkong Wetan

127.      17 Januari 2009    :  Bhakti Sosial YBAI bekerjasama dengan Yayasan 25 Januari 1946 di KPM Lengkong, Serpong, melakukan pemeriksaan gratis kesehatan umum dan kesehatan mata bagi 600 orang siswa dan guru SDN-02 Lengkong Wetan & SMP+BLM

        Sumber Dana         :  Dari Yayasan 25 Januari 1946

128.      17 Januari 2009    :  Open house SMP+BLM bagi siswa SDN-03 Lengkong wetan.

129.      25 Januari 2009    :  Menghadiri Hari Bhakti Taruna yang diselenggarakan oleh Yayasan 25 Januari 1946 di Monumen Daan Mogot, BSD City, Serpong, Tangerang, Banten

130.      02 Februari 2009: Dalam rangka Lomba Mengarang Kompas, 4(empa) orang siswa SMP+BLM melakukan survey Kali Ciliwung mulai dari hulu sungai di Cibogo hingga muaranya di Pelabuhan Sunda Kelapa.

131.      05 Februari 2009:  Ceramah Umum ke-7 SMP+BLM tema ESQ (Emosional and Spiritual Question) di KPM Lengkong oleh Ridwan Mukri dari ESQ Leadership Centre.

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di SMP+BLM

132.      10 Februari 2009:  Dalam rangka Lomba Mengarang Kompas, 5(lima) orang siswa SMP+BLM melakukan survey Kali Ciliwung mulai dari hulu sungai di Cibogo hingga muaranya di Pelabuhan Sunda Kelapa.

        Sumber Dana         :  Dari Dana yang ada di YBAI

133.      15 Februari 2009:  9(Sembilan) orang siswa SMP+BM mengikuti Lomba Mangarang Kompas dengan tema “Ciliwung, Impianku”

134.      12 Maret 2009      :  Menerima kunjungan Ibu Patricia Cramer-Shiefke, President Director / CEO PT Lufthansa Systems Indonesia yang berkenan membantu dana sebesar Rp 268 Juta, dengan perincian penggunaan sebagai berikut: 1) Rp 150 Juta untuk Pembangunan Ruang Kelas Lufthansa Systems AG dan Ruang Toko Karya Siswa BII-Lufthansa Systems AG; 2) Rp 50 Juta untuk beasiswa 10 orang alumni SMP+BLM yang melanjutkan ke SMA/SMK; 3) Rp 28,1 Juta untuk pengadaan 4 Komputer di Lab. IT, 2 Komputer di Ruang Guru, 1 Komputer di Perpustakaan SMP+BLM dan 4 buah Printer; 4) Rp 29 Juta untuk pengadaan fasilitas Internet di SMP+BLM; dan 5) Sisanya Rp 10,9 Juta untuk pengadaan meubelair Ruang Kelas Lufthansa Systems AG.

135.   14 Maret 2009        :  Ketua Umum YBAI, Direktur Eksekutif YBAI, Kabid Pendidikan YBAI dan Kepala Sekolah SMP+BLM menerima kunjungan orangtua siswa Sekolah Global Jaya a/n Ibu Dinda bersama 3 orang putranya (kembar 3) yang berkenan membantu 6(enam) buah Komputer dan printer untuk Lab. IT SMP+BLM.

136.   04 April 2009          : Ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan Pemilu 2009, bekerjasama dengan Yayasan 25 Januari 2009

        Sumber Dana         :  Bantuan dari Yayasan 25 Januari 1946

137.   27-30 April 2009     :  Pelaksanaan UAN Mandiri pertama kali setelah SMP+BLM menerima akreditasi A “Sangat Memuaskan.” UAN diikuti oleh 76 siswa SMP+BLM, diawasi oleh Guru dari Sekolah Santa Laurensia BSD Serpong.

138.   08 Mei 2009           :  Kunjungan Tim Pundi Amal SCTV dibawah Ketua Bidang Pendidikan SCTV, Agus Purwanto, memastikan lokasi pembangunan Taman Kanak-kanak hasil kerjasama YBAI dengan Pundi Amal SCTV yang akan mulai menerima siswa pada TA 2009/2010.

        Sumber Dana         :  Dari dana yang ada di YBAI dan bantuan dari Pundi Amal SCTV

139.   09 Mei 2009           : Dimulainya Unit Usaha Pembibitan Pohon. Dilaksanakan berkat bantuan dan kerjasama dengan Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang (RHLBT) dengan Ketua Umum, Ir. Jeffrey Mulyono.

        Sumber Dana         : Bantuan dari Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang (RHLBT)

140.   30 Mei 2009           :  Acara HUT ke-10 YBAI dan HUT ke-7 Perpustakaan Anak Medco-YBAI di Area Kampoeng Pendidikan Mandiri (KPM) Lengkong, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Acara diisi dengan Pentas Seni, berbagai Lomba dan Panel Diskusi “Kebangkitan dan Perubahan Indonesia Melalui Perpustakaan dan Pendidikan Berkualitas.” Panelis: 1) Drs, Supriyanto, M.Si, Deputi Bidang Pengembangan Perpustakaan, Perpusnas RI. Topik: “Strategi dan Kebijakan Serta Peranan Pengembangan Perpustakaan Sekolah di Daerah Pedesaan di Indonesia;” 2) Dr. Gutama, Sekretaris Ditjen Pendidikan Non Formal dan Informal, Depdiknas RI. Topik: “Taman Bacaan Masyarakat dan Lifeskill Depdiknas, Upaya Pencerdasan dan Pemberdayaan Masyarakat;” 3) Drs. Ngatmin Al-Arif, Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan. Topik: ”Pendidikan Berkualitas Prasyarat Untuk Sejahtera dan Damai;” 4) Endy M. Bayuni, Chief Editor The Jakarta Post. Topik: “Membaca dan Menulis Prasyarat Untuk Berubah; Moderator: Dr Rizal Sikumbang, Ketua Umum YBAI.

Sumber Dana         : Dari dana yang ada di YBAI

141.   04 Juni 2009          : Bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI melakukan Soft Launching (Peluncuran) Buku Emas YBAI dan Soft Launching website YBAI (www.ybai.or.id) di Perpustakaan Nasional RI. Acara Panel diskusi “Perpustakaan Meningkatkan Minat Baca dan Minat Menulis serta Percaya Diri Siswa.” Panelis: 1) Drs. Dady P. Rachmananta, MLIS, Mantan Kepala Perpustakaan Nasional RI. Topik: “Kebijakan dan Upaya Perpusnas Membangkitkan dan Membudayakan Minat Baca Siswa dan Masyarakat;” 2) Dr. Rizal Sikumbang, Ketua Umum YBAI. Topik: “Model KPM Lengkong: Sekolah Plus Berkualitas Solusi Mencerdaskan, Menyehatkan dan Mensejahterakan Bangsa Indonesia;” 3) Drs. Hadi Supeno, M.Si, Sekretaris KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Topik: “Peran KPAI Dalam Memberi Perlindungan Hak Anak di Bidang Pendidikan Berkualitas;” Moderator: Drs. Syamsul Bachri, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Perpusnas RI.

Sumber Dana         : Dari dana yang ada di YBAI dan Bantuan dari Perpustakaan Nasional RI

 

Demikian kronologi Karya Nyata YBAI ini dibuat.

 

 

Jakarta,  6  Juni  2009

YAYASAN BINA ANAK INDONESIA      

 

 

 

Ir. Moh. Isori Dalimunthe

Direktur Eksekutif